Selasa, 19 Maret 2013

Hari 1: Diklat Jurnalistik

Posted by Glendomi On Selasa, Maret 19, 2013 | No comments
Glendomi. Senin, 18 Maret 2013 bertempat di BPKB DIY dilaksanakan Diklat Jurnalistik selama 4 hari, terhitung mulai tanggal 18-21 Maret 2013. Pembukaan Diklat dilaksanakan sekitar pukul 08.30 WIB oleh Kepala BPKB DIY.
Materi diklat pertama disampaikan oleh Y.B. Margantoro dari Bernas yang menyampaikan materi dasar mengenai prinsip dan fungsi jurnalistik. Beliau juga menyampaikan di sela-sela materinya, semua orang dapat membuat berita (citizen journalism). Pada sesi terakhir, peserta diklat mencoba menulis dengan tema media pendidikan atau pendidikan media yang dipilih secara acak.

Pada sesi barikutnya pukul 13.15 WIB, Praba Pangripta menyampaikan materi mengenai desain grafis. Beliau menyampaikan mengenai teknik-teknik manipulasi gambar atau foto guna kepentingan ilustrasi. Ditambahkan pula beliau menyampaikan mengenai komposisi warna yang tepat untuk hasil cetak maupun tampilan monitor. Penyampaian materi disertai dengan mendemonstrasikan teknik-teknik tersebut membuat perserta diklat dapat memiliki gambaran dalam pengoperasian aplikasi manipulasi gambar atau foto. Selain itu, beliau juga memberikan teknik membuat layout buletin dan majalah yang pada prinsipnya memiliki kesamaan dalam pembuatannya, perbedaannya hanya pada size masing-masing layout.
Diklat Jurnalistik hari pertama ini diakhiri oleh Y.B Margantoro pada pukul 20.30 WIB dengan materi penulisan berita.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar