Selasa, 12 Maret 2013

Dongeng Mengubah Dunia

Posted by Glendomi On Selasa, Maret 12, 2013 | No comments
"Kok,..kok,..kok,..petok", ucap Kak Risdy pada sela-sela mendongeng di KB Taman Firdaus, Kepek, Sewon, Bantul dua hari yang lalu.
Dongeng, tak sedikit orang yang meremehkan mengenai dongeng tak terkecuali para orang tua yang menganggap dongeng hanyalah sekadar cerita tanpa makna, namun pada hari itu tanggal 10 Maret 2013 bersamaan rangkaian program parenting muncul sosok nan asing yang sengaja ingin mendongeng. Beliau bernama Kak Risdy yang merupakan panggilan akrabnya. Dalam kesempatan kali itu Kak Risdy mendongeng fabel untuk anak didik KB Taman Firdaus. Dengan penuh semangat Kak Risdy menyampaikan dongeng bait demi bait yang kemudian direspon oleh anak-anak dengan tawa dan canda.

Penyampaian yang santai dan penuh penghayatan pada cerita dalam dongeng merupakan kunci bagi sang pendongeng. Kak Risdy mengatakan bahwa jika kita (orang tua) yang memiliki anak balita atau PAUD harus mampu bersikap layaknya seperti anak. Selain itu, Kak Risdy menyampaikan pada para orang tua murid seusai mendongeng, bahwa jadikanlah setiap buah itu manis dan jangan pernah jadikan buah buah apel menjadi buah mangga. Itulah istilah yang digunakan Kak Risdy dalam menggambarkan cara mendidik anak usia dini. 

Penciptaan dunia anak melalui dongeng sungguh menakjubkan, mungkin kalau ditelaah secara ilmiah maka dongeng adalah salah satu cara dalam menghubungkan sel-sel otak anak membentuk suatu rangkaian yang saling berhubungan. Hal ini berimbas pada daya rangsang, daya tangkap dan daya cipta pada anak. Sebagai contoh saja seusai Kak Risdy mendongeng, beliau bertanya pada seorang anak, "Hai, nama kamu siapa?", dengan cepat sang anak menjawab "Rafif". Ini merupakan gambaran mengenai daya pikir anak akibat rangsangan dari luar yang ditangkap oleh indera pendengaran kemudian diproses melalui otak dalam menentukan respon yang tepat atas rangsangan tersebut yang selanjutnya dijawab melalui ucapan.

Begitu luar biasanya dongeng yang mungkin tak mampu digambarkan hanya melalui sebuah tulisan ini. Namun, silakan buktikan keajaiban dari dongeng, karena dalam tulisan ini hanya mampu menunjukan manfaat kecil yang ditimbulkan dari dongeng.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar