Selasa, 18 Desember 2012

Diklat Komputer Dasar SKB Bantul

Posted by Glendomi On Selasa, Desember 18, 2012 | No comments
Pembangunan bangsa berkaitan erat dengan usaha negara dalam menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas. Salah satu usaha tersebut adalah melalui pendidikan. Sektor pendidikan menjadi sektor utama yang dipahami sebagai sektor membangun kualitas sumber daya manusia. Menurut UU Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003 menyebutkan bahwa pengertian pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia. Dengan kata lain pendidikan merupakan proses pembentukan manusia Indonesia yang berkualitas.
Sektor pendidikan merupakan sektor pembentukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang melibatkan banyak komponen. Komponen pendidikan terdiri dari tujuan pendidikan, pendidik/guru, peserta didik/siswa, strategi pendidikan, kurikulum, dan evaluasi. Pendidik merupakan komponen yang memiliki peran penting dalam suksesnya pembelajaran sebagai bagian dari pendidikan. Pendidik atau guru berperan aktif dalam memberikan pengetahuan kepada peserta didik. Guna memenuhi tugas sebagai seorang pendidik, maka sudah selayaknya pendidik mampu menyampaikan atau memberikan pengetahuan/ilmu tersebut melalui media pembelajaran yang sederhana namun inovatif. Menurut Yudhi Munadi (2010: 7-8), menjelaskan bahwa media pembelajaran dapat dipahami sebagai segala sesuatu yang dapat menyampaikan dan menyalurkan pesan dari sumber secara terencana sehingga tercipta lingkungan belajar yang kondusif dimana penerimanya dapat melakukan proses belajar secara efisien dan efektif.
Usaha untuk peningkatan kompetensi pendidik terutama pendidik PAUD sebagai orang yang terjun secara langsung menangani anak usia dini, maka dilaksanakanlah Program Diklat Komputer Dasar dengan tema “Pembuatan Media Pembelajaran Sederhana melalui  Microsoft Word” untuk pendidik PAUD. Program tersebut merupakan salah satu program Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Bantul sebagai bentuk rangkaian program Gugus PAUD yang telah terlaksana pada tanggal 22-24 November 2012.
Harapan dari program diklat tersebut adalah meningkatnya kemampuan pendidik PAUD dalam menciptakan media pembelajaran sederhana namun inovatif. Selain itu, dengan adanya program diklat komputer tersebut maka diharapkan dapat memberikan pengalaman dan pengetahuan yang lebih mengenai media pembelajaran.

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar