Kamis, 27 September 2012

Evaluasi Pembelajaran

Posted by Glendomi On Kamis, September 27, 2012 | No comments

Kehidupan kita sehari-hari tidak terlepas dari adanya kegiatan yang disebut evaluasi. Evaluasi, sebuah kata yang terkadang dipertukarartikan bahkan tak jarang disamaartikan dengan pengukuran dan penilaian. Padahal ketiga istilah tersebut mengandung arti yang berbeda satu dengan lainnya. Pengukuran, penilaian dan evaluasi merupakan kegiatan yang bersifat hierarki yang mengandung artian bahwa ketiga kegiatan tersebut tidak dapat dipisahkan dan merupakan kegiatan yang harus dilaksanakan secara berurutan. Untuk dapat memahami arti dari ketiga kegiatan tersebut kita harus mengetahui terlebih dahulu arti pengukuran, penilaian dan kemudian evaluasi. Penjabaran mengenai definisi ketiganya dapat dipaparkan sebagai berikut:
1. Pengukuran
Pengukuran merupakan kegiatan yang dilakukan dengan cara membandingkan suatu objek (benda/barang) dengan ukuran tertentu dan lebih bersifat kuantitatif terhadap suatu objek. Misalnya: mengukur tinggi tiang dengan satuan (cm).
Pengukuran di dalam pembelajaran memiliki makna yaitu proses membandingkan hasil belajar peserta didik dengan standard belajar yang telah ditetapkan.
2. Penilaian
Penilaian merupakan kegiatan memberikan nilai atau arti pada suatu objek (benda/barang) yang sebelumnya telah dilakukan pengumpulan dan pengolahan informasi terkait objek tersebut, misalnya: panjang-pendek, besar-kecil, tinggi-rendah, bagus-buruk.
Penilaian di dalam pembelajaran mengandung arti suatu proses pengumpulan informasi dan pengolahan informasi menjadi data yang akan menentukan kualitas (nilai atau arti) terhadap hasil belajar peserta didik.
3. Evaluasi
Evaluasi secara sederhana merupakan kegiatan yang meliputi kegiatan dari penilaian sampai pada pengukuran yang dilakukan secara sistematis dan berkelanjutan dengan tujuan untuk menentukan keputusan atau kualitas (nilai dan arti)

Referensi:
Diambil dari berbagai sumber
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar