Kamis, 16 Februari 2012

Obrolan Hangat Kian Memanas di PKBM Griya Mandiri

Posted by Glendomi On Kamis, Februari 16, 2012 | No comments

Kamis, 9 Februari 2012 masih bertempat yang sama yaitu di PKBM Griya Mandiri telah diadakan pertemuan yang kedua yang merupakan serangkaian dari pertemuan yang membahas mengenai berbagai persoalan menyangkut PKBM, khususnya mengenai permasalahan program Kejar Paket. Siang itu sekitar pukul 13.00 WIB berkumpul beberapa orang yang sama dengan misi mengkaji program Kejar Paket yang dalam kesempatan itu telah dipaparkan oleh bapak Fauzi mengenai penghitungan beban belajar Paket C yang nantinya akan terbentuk penyusunan RPP dan silabus.

Bapak Fauzi dengan pemaparannya melalui slide power point menjelaskan mengenai dasar penghitungan beban belajar dinyatakan dalam SKK (Satuan Kredit Kompetensi) yang dalam pelaksanaannya lebih fleksibel, hal ini dilandaskan karena dalam Kejar Paket C tidak ditemui adanya pola kelas seperti yang terdapat pada pendidikan formal, namun hanya ada tingkatan. Tingkatan tersebut terbagi menjadi 2 (dua) beban belajar untuk setara kelas X dan setara kelas XI-XII pada pendidikan formal. Lebih lanjut lagi pertemuan kali ini membahas mengenai beban belajar pada PKBM Griya Mandiri dan juga PKBM Wiratama. Pembahasan mengenai beban belajar Kejar Paket pada kedua PKBM tersebut dilakukan dengan berkelompok yang kemudian dipresentasikan dan menghasilkan bahwa secara keseluruhan belum memenuhi SKK yang sudah ditetapkan. Program Kejar Paket harus memenuhi SKK minimum yang telah ditetapkan dengan beban belajar 20 SKK/semester untuk setara kelas X dan 21 SKK/semester untuk setara kelas XI-XII. Pemerolehan SKK sebagai bentuk kompetensi yang harus dimiliki peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dapat dilakukan melalui tatap muka, tutorial dan mandiri. Ditambahkan pula oleh Bapak Agus selaku penilik dari Dinas Pendidikan bahwa untuk mendapatkan pengakuan atau akreditasi harus termuat standard SKK yang telah ditetapkan.

Harapan pada pertemuan ketiga nanti yang juga merupakan pertemuan terakhir terkait pembahasan mengenai Program Kejar Paket C yaitu yang paling utama akan terbentuk beban belajar dengan berbagai aspek di dalamnya yang meliputi pembagian kompetensi yang harus dimiliki peserta didik dalam pembelajaran melalui tatap muka, tutorial dan mandiri. (Fatchan Chasani)
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar